by

Bhabinkamtibmas Kapung Damai Lakukan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Menular DBD

Belitung, penababel.com – Sebagai wujud kepedulian Polri atas penyebaran Wabah Penyakit menunar Bhabinkamtibmas, lakukan kegiatan Sosialisasi pencegahan penyakit  DBD di Wilayah kelurahan Kampung Damai. Selasa (11/Oktober/2022).

Polsek Tanjung Pandan, melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Kampung Damai, Brigadir Dody Rizkiyansyah memberikan Sosialisasi pencegahan penyakit DBD kepada Warga.

“Sosialisasi ini merupakan bagian dari kepedulian Polri khususnya kepada warga  di Wilayah Kelurahan Damai dan sekitarnya demi mencegah penularan wabah penyakit DBD yang sedang marak di belitung tahun ini, ”Ucap Brigadir Dody Rizkiyansyah.

Air merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti .Nyamuk betina bertelur pada dinding Bak yang terisi Air, Larva Nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari Mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, Larva Nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika Larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya Larva akan berubah menjadi Pupa. Pada tahap Pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan Siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan Bak mandi setidaknya satu minggu sekali dapat memutus Siklus hidup nyamuk Aedes Aegypti.

Selain itu Brigadir Dody Juga Menambahkan tentang langkah Mudah Cegah Demam Berdarah
DBD (Demam Berdarah Dengue), atau yang lebih dikenal dengan Demam berdarah, disebabkan oleh Virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Untuk mencegah demam berdarah, biasanya dilakukan penyemprotan atau fogging untuk mencegah Jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. Namun, pencegahan juga tetap harus Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah Demam Berdarah.

“Bersihkan bak mandi Anda seminggu sekali, karena Air merupakan tempat berkembang biak Nyamuk Aedes Aegypti,
Perhatikan Perabotan rumah tangga Anda yang menampung Air, Gunakan Kasa Nyamuk, Jangan menumpuk atau menggantung Baju terlalu lama, Gunakan Lotion anti Nyamuk atau Kelambu. “Tutup Dody Rizkiyansyah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed