by

Jadi Pelopor Sektor Industri di Belitung, PT Mitra Propindo Lestari Ubah Sampah Plastik Jadi Seng

BELITUNG – Bupati Belitung, H Sahani Saleh meresmikan kawasan pabrik milik PT Mitra Propindo Lestari yang berada di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Rabu (31/8/2022).

Penandatanganan prasasti dan pemotongan pita menjadi pertanda resminya perusahaan ramah lingkungan yang terletak di Kawasan Industi Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Pabrik pengolahan plastik dan Sumber Daya Alam (SDA) PT MPL merupakan salah satu bentuk investasi yang harapkannya dapat menyerap tenaga kerja yang cukup besar di Belitung. Selain itu, dengan berdirinya perusahaan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Belitung.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung, H Sahani Saleh mengatakan keberadaan pabrik ini sejalan dengan tujuan pembangunan Pemerintah Kabupaten Belitung yang salah satunya fokus mengembangkan sektor industri. Hal ini mengingat Kabupaten Belitung memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan, sehingga bisa menjadi modal penggerak kemajuan daerah.

Tak lupa ia juga mengapresiasi PT MPL yang telah menjadi pelopor pembangunan sektor industri di Kawasan Industri ini. Di mana, menurutnya masih banyak potensi yang mereka pilih namun mereka lebih memprioritaskan ke pengelolaan sampah. Ia berharap PT MPL ini juga bisa memanfaatkan SDA Belitung lainnya seperti pasir silika ataupun yang lainnya.

“Jadi hari ini kita meresmikan 3 pabrik yakni pabrik seng, pabrik pipa PVC dan pabrik perakitan mesin. Alhamdulillah akhirnya ada perusahaan yang memprioritaskan pengelolaan sampah. Padahal banyak potensi-potensi lain dan mereka lebih memilik dan memprioritaskan pengelolaan sampah untuk investasinya. Dan tetap juga ada dari SDA kita, kan tadi ada pabrik pipa yang menggunakan kaolin. Semoga nantinya bisa bertambah dengan memanfaatkan SDA kita yang lainnya,” kata Sanem sapaan akrab bupati.

Sementara itu, Direktur PT Mitra Propindo Lestari Tri Apriliansyah usai peresmian mengatakan, kawasan pabrik mereka ini menghasilkan produk setengah jadi sampai produk jadi, yang berbentuk seng plastik, pipa PCV dan rencananya akan mereka tambah dengan produk lain.

“Alhamdulillah saat ini PT Mitra Propindo Lestari sudah mendirikan 3 pabrik, 3 industri yang mana ada pabrik seng, pabrik pipa PVC dan pabrik perakitan mesin,” ujar Tri.

Selain 3 pabrik yang Tri sebutkan, mereka juga berencana akan membuat pabrik baru, yaitu pabrik alumunium.

Lebih lanjut, Tri menyebutkan untuk produk seng plastik yang mereka hasilkan adalah hasil dari plastik bekas.

Pabrik mereka sendiri sebenarnya mampu menyerap plastik bekas hingga ±5 ton dalam satu hari. Akan tetapi katanya, limbah plastik bekas di Belitung dan Belitung Timur hanya mampu menghasilkan sebanyak 12 ton dalam 1 bulan. Sehingga kekurangan akan bahan baku plastik harus mereka ambil dari daerah lain.

Dalam 1 hari, pabrik pengolahan plastik bekas ini mampu mencetak hingga ±2800 keping seng. Dan rencananya dari limbah plastik ini juga mereka akan membuat helm dan benang plastik. Yang di mana benang plastik ini salah satunya fungsinya untuk membuat baju olahraga.

Sedangkan untuk pipa PVC, Tri menyebutkan pabriknya itu mampu menciptakan hingga 12 batang dalam satu jam untuk ukuran diameter 4 dim.

Jelas Tri, kami memprioritaskan pembangunan industri di daerah yang SDM-nya melimpah, karena Belitung memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti dari sektor pertambangan, kelautan dan perkebunan.

“Tujuan kami hadir di Belitung untuk menjadikan sumber daya alam di Belitung menjadi produk setengah jadi atau produk jadi. Yang mana produk itu akan memiliki nilai tambah,” tandasnya.

Tri juga menambahkan, pabrik yang mereka bangun ini ternyata juga ada orang Belitung di dalamnya, yaitu Tjen Jung Sen yang merupakan Founder dari PT Mitra Propindo Lestari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed