by

LKBH Belitung Gelar Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum di Desa Baru Beltim

 

LEMBAGA KONSULTASI DAN BANTUAN HUKUM (LKBH) BELITUNG MENYELENGGARAKAN KEGIATAN SOSIALISASI DAN PENYULUHAN HUKUM DI DESA BARU KECAMATAN MANGGAR KABUPATEN BELITUNG TIMUR

Belitung, penababel.com – Dalam rangka melaksanakan Program Kerja Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Belitung Tahun 2022, LKBH sebagai Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang telah terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2022 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan bantuan hukum di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Adapun materi sosialisasi yang disampaikan adalah mengenai adanya bantuan hukum cuma cuma atau gratis bagi masyarakat tidak mampu atau miskin yang menghadapi persoalan hukum. Dan LKBH Belitung sebagai salah satu Organisasi Bantuan Hukum di wilayah hukum dan dibawah pengawasan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Kep. Bangka Belitung, berhak untuk memberikan bantuan hukum cuma cuma/gratis kepada masyarakat tidak mampu atau miskin sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum.

Sedangkan materi penyuluhan hukum yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah menyesuaikan dengan permohonan materi yang diajukan oleh Kepala Desa Baru, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Pertama, materi yang disampaikan adalah mengenai “Pengelolaan Anggaran Desa dan Dampak Hukumnya”, materi kedua yang disampaikan adalah mengenai “Kekerasan Dalam Rumah Tangga”, materi ketiga adalah, “Kekerasan/Pelecehan Seksual dan Kenakalan Remaja”, dan materi terakhir adalah, “Pernikahan Dibawah Umur”.

Bahwa materi materi penyuluhan hukum yang disampaikan tersebut, adalah merupakan bagian dari upaya untuk menjawab dan mencari solusi atas persoalan persoalan yang terjadi di masyarakat khususnya di wilayah Desa Baru, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur tersebut, diharapkan mampu untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman hukum bagi perangkat Desa Baru dalam menyelanggarakan kegiatan kegiatan khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan penggunaan keuangan desa yang bersumber dari APBN maupun dari APBD secara baik dan benar, sehingga dapat tercapainya manfaat atas program-program yang telah di susun dan direncanakan oleh pihak Desa Baru dan terhindar dari permasalahan Hukum.

Lain daripada itu, dengan diselenggarakannya kegiatan hukum tersebut diharapkan dapat mengeliminir dan mencegah terjadinya persoalan persoalan di masyarakat Desa Baru, khususnya dalam hal kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan dan pelecehan seksual serta kenakalan remaja, dan pernikahan di usia dini.

Selaku Ketua LKBH Belitung, “saya berharap setiap desa di wilayah Pulau Belitung baik di wilayah Kabupaten Belitung Timur maupun di wilayah Kabupaten Belitung dapat menyelenggarakan kegiatan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Desa Baru Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, ini. Dan kami selalu siap untuk hadir, jika diminta untuk memberikan materi-materi penyuluhan hukum, sepanjang kami mampu dan menguasai materi yang diminta. “Terang Heriyanto, S.H., M.H. (Ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Belitung).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed