by

Warga Kampung Damai Dihebohkan Tumbuhnya Bunga Yang Dilindungi

TANJUNGPANDAN penababel.com – Warga Jalan Bambang Utoyo, Gang Rambutan, Kelurahan Kampung Damai, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung tempatnya dibelakang kantor PLUT dihebohkan dengan penemuan bunga langkah dan dilindungi.

Bunga bangkai atau dalam bahasa Latin disebut Amorphophallus titanium. Tumbuhan ini sudah sangat terkenal di masyarakat karena memiliki perbungaan yang sangat besar dan merupakan tumbuhan dengan perbungaan terbesar di dunia.

Amorphophallus titanium, termasuk keluarga Araceae (talas-talasan) dan merupakan tanaman asli Indonesia, endemik dari Sumatera.

Tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Odoardo Beccari, seorang ahli botani dari Italia pada tahun 1878. Ia menemukan tumbuhan ini di sekitar air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat.

Informasi yang diterima awak media, Bunga bangkai sendiri bisa mekar dalam waktu empat tahun sekali, dengan lama mekar sekitar lima hari.

Yusman sempat katakan, bunga tersebut sempat mekar sekitar tujuh hari lalu namun setelah itu beransur layu.

“Sekitar lima hari lalu masih sedang mekar. Ia hanya bisa bertahan bekisar satu bulan, bunga tersebut akan hilang sendirinya karena layu,” terang Yusman

Ia mengatakan, bunga tersebut bukan pertama kalinya tumbuh dihalamanan rumahnya.

“Ini untuk yang ketiga kali, bekisar satu tahun sekali dengan posisi yang berbeda tempat,” kata dirinya.

Bunga ini merupakan tanaman yang dilindungi sesuai dengan Undang-undang No.5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta PP No.7/1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar.

Di habitat aslinya tanaman ini mulai terancam. Hal tersebut karena banyak manusia yang mengambil bagian bunga ini, salah satunya bagian umbi untuk dijual. Bagian lain seperti tangkai daun atau batang semu anak juga mulai dijual sebagai tanaman hias.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed