by

HUT TNI Angkatan Udara Ke-76 Event Lomba Menembak Astra Jingga Resmi Dibuka

BELITUNG penababel.com – Dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Udara Ke-76 Event lomba menembak Astra Jingga Lanud H. AS Hanandjoeddin Cup resmi dibuka (19-20 Maret 2022).

Lomba menembak Danlanud Cup tahun ini mempertandingkan sebanyak sembilan kategori. Diantaranya adalah kelas menembak pistol eksekutif, presisi perorangan dan presisi beregu.

Selain itu ada pula kategori menembak reaksi senpi sertifikat, senpi non sertifikat, airsoftgun standar overall dan airsoftgun junior serta lomba menembak senapan angin benchrest dan multi range.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini bertujuan sebagai ajang pembinaan untuk meningkatkan keterampilan menembak bagi setiap personel prajurit TNI/Polri dan segenap masyarakat yang memiliki kemampuan/prestasi dalam menembak,” kata Danlanud H. AS Hanandjoeddin, Letkol Nav Rudy Hartono, S.T., M.Han, Sabtu (19/3/2022).

Alumni AAU 2001 itu menjelaskan, menembak merupakan salah satu keterampilan yang harus melekat dan terus dibina kemahirannya. Kemampuan ini harus dimiliki oleh setiap prajurit, baik TNI maupun Polri dan masyarakat yang sudah diwadahi oleh perbakin.

“Melalui kejuaraan menembak ini diharapkan akan lahir petembak-petembak berbakat yang dapat menunjukkan prestasinya. Sehingga dapat diandalkan untuk menjadi atlit-atlit yang mampu menjuarai setiap event, baik tingkat nasional maupun internasional,” harap Ketua Perbakin Kabupaten Belitung itu.

Disisi lain, kata Letkol Nav Rudy Hartono, S.T., M.Han, bagi para penembak eksekutif momentum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana silaturahim. Disamping dapat memberikan motivasi kepada para prajurit-prajuritnya untuk terus berlatih dan mengasah kemampuannya.

“Gunakan ajang lomba menembak ini sebagai wahana untuk memupuk dan meningkatkan jiwa korsa dan tali persahabatan. Namun dengan tetap memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun materil.

“Tetapi perlu diingat bahwa, kalah dan menang dalam setiap perlombaan merupakan hal biasa. Karena itu saya himbau untuk tetap menjunjung tinggi sportifitas selama kejuaraan ini berlangsung, “Pesannya.

Sementara itu, Kadislog Lanud H. AS Hanandjoeddin, Mayor Kal Yakobus mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai satuan yang ada di daerah.

Diantaranya adalah, Lanud H. AS Hanandjoeddin, Lanal Babel, Angkasa SC Mabesau, Kodim 0414/Belitung, Poles Belitung, Polres Beltim, Polres Basel, Raka (Rajawali Bangka), Perbakin Kalbar, Perbakin Belitung, Paskhas 462 Pulanggeni Pekanbaru, Brimob Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Babel, Kejaksaan, PT Timah, Beacukai dan Imigrasi Tanjungpandan.

“Untuk diketahui, pada hari pertama ini ada lima kelas yang dipertandingkan. Yaitu lomba menembak kelas pistol eksekutif, kelas pistol presisi perorangan, kelas pistol presisi beregu, kelas pistol non IPSC dan kelas pistol IPSC,” ungkasnya. “Katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed